tentang geografi tata surya

 

         TENTANG  TATA SURYA

Dalam mata pelajaran aku cenderung lebih menyukai mata pelajaran geografi mau tau kenapa ??…karna menurut aku geografi itu ?…

1).Aku suka pelajaran mengenai luar angkasa, seperti planet – planet.glaksi dan macam –  macam bahkan rasanya aku ingin sekali jalan – jalan ke luar angkasa, pasti menyenangkan.

2). Mata pelajaran yang sangat menarik,mengasikan and indah di temui dimana saja.

3).Dengan adanya geografi, kita jadi tahu bagaimana bumi ini sebenarnya,bagaimana bentuknya, isinya dan siapa – siapa saja orang yang tinggal di dalamnya, sungguh mata pelajaran yang menarik.

              Ada bentuk beberapa tata surya yaitu :

a.       Teori Nebula

   Teori ini di kemukakan oleh immanuel kant pada abad XVIII. ia berpendapat bahwa sistem tata surya terbentuk dari suatu nebula yaitu kabut tipis yang sangat luas.teori ini diperkuat oleh marqis de laplace ( piere simon).seorang astroonom prancis.Teori nebula menjelaskan bahwa anggota keluarga tat surya pada awalnya berbentuk massa gas raksasa yang bercahaya adan berputar perlahan – lahan. massa ini  berangsur – angsur mendingin, mengecil, dan mendekati bentuk bola.

b.      Teori planetesimal

     Teori ini di kemukakan oleh seorang astronom bernama forest Ray moulton dan seorang ahli geologi bernama T.Cchambarlain dari Universitas Chicago.planetesimal adalah suatu benda padat kecil yang mengelilingi suatu inti yang bersifat gas. menurut teori ini proses pembentukan tata surya dimulai ketika sebuah bintang melintas ruang angkasa dengan sangat cepat dan berada dekat sekali dengan matahari.

c.       Teori pasang

     Teori ini disampaikan oleh sir james jeans dan sir harold jeffreys dari inggris pada tahun 1918. Teoriini didasarkan pada ide benturan. mereka berpendapat bahwa planet itu langsung berbentuk dari massa gas asli yang ditarik dari matahari oleh bintang yang lewat.

d.      Teori Lyttleton

     Teori ini dinamakan sesuai dengan nama pencetusnya, yaitu R.A. Lyttleton. teori tyttleton mengemukakan bahwa matahari pada mulanya berupa bintang kembar yang mengelilingi sebuah medan gravitasi.sebuah bintang menabrak salah satu bintang kembar dan menghancurkannya menjadi massa gas yang berputar.

e.       Teori Awan debu

    Teori ini di perkenalkan oleh astronom Amerika Serikat Fred L. Whipel. Teori yang sama dikemukakan oleh astronom inggris, yaitu fred Hoyle dan astronom swedia, yaitu Hannes Alven.menurut mereka pada mulanya matahari berputar dengan cepat dengan piringan gas sekelilingnya.debu dan gas yang berputar berkumpul menjadi satu.

Anggota Tata Surya Adalah:

     Tata surya merupakan salah satu sistem yang ada di jagat raya. sistem tat surya terdiri atas matahari, planet – planet, meteor,asteroid,komet, dan satelit alami yang mengelilinginya. berikut ini merupakan karakteristik dari tiap – tiap anggota tat surya. beberapa anggota surya antara lain sebagai berikut.

a.       Matahari adalah pusat tata surya

b.      planet adalah benda langit dalam tata surya yang bergerak mengelilingi matahari pada lintasan ( orbit ) yang stabil.

Berikut ini beberapa karakteristik dari planet – planet dalam tata surya.

1.      Merkurius adalah yang paling dekat dengan matahari dan jarak antara merkurius dengan matahari jaraknya 57 juta km,jaraknya dengan bumi sekitar 92 juta km, ukurannya hanya 27% dari ukuran bumi merkurius matahari mengelilingi memerlukan waktu 88 hari, berputarnya pada sumbunya ( rotasi) memerlukan waktu 59 hari.

2.      Venus planet di sebut sebagai bintang fajar atau bintang senja.venus paling dekat dengan bumu sekitar 108 juta km, masa revolusi venus sama dengan 225 hari di bumi,masa rotasi sama dengan 243 hari km, masa revolusinya lebih cepat di bandingkan masa rotasinya.

3.      Bumi merupakan satu- satunya planet di jagat raya di jumpai adanya kehidupan.yaitu bulan yang mengelilingi bumi dengan waktu 27.3 hari. bumi mempunyai rotasi sekitar 23 jam 56 menit dan memiliki masa revolusi sekitar 365 hari 6 jam.

4.      Mars disebut planet merah. planet ini dapat dilihat pada malam hari dengan ahaya cemerlang yang berwarna merah, memiliki diameter 6.800 km atau setengah diameter bumi masa rotasinya 24 jam 37 menit dan masa revolusinya 687 hari. mars memiliki dua setelit, yaitu deimos dan phobos dengan temperatur lebih rendah dari bumi.

5.      Yupiter merupakan planet terbesar dalam sistem tat surya,yupiter mampu menampung sebanyak 1.310 planet seukuran bumi akan tetapi beratnya hanya dua setengah kali bumi.planet ini lembek,permukaannya hanya berupa gas helium dan hidrogen cair yang terbungkus awan yang bergerak. memiliki masa rotasi 10 jam dan masa revolusinya 12 tahun.

6.      Saturnus memiliki keunikan karena memiliki cincin yang terbentuk dari potongan miliaran partikel es dengan ketebalan 40 meter.jaraknya dengan matahri 1,4 miliar kilometer.masa rotasinya 10.5 jam dengan revolusi 30 tahun, kecepatan anginnya lebih dari 10 kecepatan angin hurricane di bumi saturnuus mirip dengan miniatur tata surya dengan cincin – cincin merentang sepanjang 265.500 kilometer dan 56 bulan yang mengelilinginya, nama – nama bulan di saturnus antara lain pan, prometheus,pandora,rhea,titan,hyperian,lapetus,phoebe,janus,epimetheus,enceladus,tethys, dan dione.

7.      Uranus planet yang paling jauh dari matahri. terdiri atas gas utama berupa hidrogen,metana, dan helium,serta mengandung es. hal ini menyebabkan uranus dingin dan beku uranus juga memiliki cincin tipis dan sudah ditemukan ada sembilan cincin. masa rotasinya 11 jam dan memiliki masa revolusinya 84 tahun, satu sisi planet terus – menerus mengalami siang selama 42 tahun sementara sisi yang lain terus – menerus mengalami malam 42 tahun planet ini ditemukan oleh william herschel pada tahun 1782 dengan bantuan teleskop di bath,inggris.

8.      Neptunus memiliki keadaan yang hampir sama dengan uranus, terdiri atas gas ukurannya cukup besar, jika diumpamakan tempat wadah kosong, Neptunus mampu menampung enam puluh planet seukuran bumi, memiliki masa revolusi 165 tahun dan masa rotasinya 16 jam, dengan pesawat angkasa Voyages 2 yang berhasil mendekati Neptunus dipastikan bahwa Neptunus memiliki paling sedikit tiga lapis cincin.

planet kerdil/planet katai/Dwarf planet

    planet kerdil adalah kardil bukan benda yang dominan pada orbitnya serta bukan satelit ( benda angkasa yang mengorbitkan planet). yang termasuk dalam planet antara lain pluto  ( sebelumnya menjadi planet dalam sistem tata surya).

a.       Komet

  disebut juga bintang berekor. adanya gesekan atom – atom di udara menyebabkan komet terlihat bercahaya. ukuran komet 10 mil dan mempunyai ekor yang panjangnya jutaan mil.inti komet disebut nukleus terdiri atas bongkohan es serta gas yang membeku, diameter mencapai 10 milekor merupakan bagian dari komet yang berasal dari coma dan menyelimuti inti komet. diameter coma bisa mencapai 100.000 km

b.      Meteor

   disebut bintang jatuh merupakan bagian dari asteroid yang terpisah. meteor jatuh ke bumi akan tampak seperti bola api. Meteor besar jatuh ke bumi akan membentuk kawah besar seperti Barringer di wilayah Arizona kawah ini terbentuk sekitar 40.000 tahun yang lalu.

c.       Asteroid

    merupakan  planet berebatu yang kecil ( diameter 1.700 km ) dengan jumbalh sangat banyak. Asteroid yang orbitnya melewati orbit bumi dinamakan asteroid Apollo, sebagian  besar kelompok asteroid dijumpai berada di antara orbit planet mars dan yupiter, daerah in dikenal sebagian sabuk utama ( main Belt ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s